News from Greenpeace

I've got message

Banyak info yang disebar Greenpeace via email, salah satunya ini:


-----
Dear Devy,


Tinggal di daerah perkotaan dengan berbagai kemudahan teknologi membuat kita seringkali lupa bahwa kehidupan kita banyak tergantung pada hutan. Mulai dari kayu yang digunakan pada rumah dan perabot Anda, hingga kertas dan kemasan yang kita pakai sehari-hari, bahkan juga beberapa bahan dasar makanan, obat dan kosmetik yang kita pakai berasal dari hutan. Dan kita mengkonsumsi semuanya kadang tanpa berpikir dua kali.

Sungguh sangat disayangkan.

Asia Tenggara adalah rumah bagi sebagian hutan hujan yang terkaya dan termegah di dunia. Hutan kita adalah rumah bagi harimau, orang utan dan banyak lagi satwa serta tanaman langka yang hanya bisa ditemukan di wilayah ini. Kita harus bangga dengan semua kekayaan ini.
Hutan sangat vital bagi kehidupan semua makhluk di bumi ini. Hutan menjaga kelangsungan ekosistem yang terdiri dari beragam mikro-organisme, tumbuhan, hewan dan juga masyarakat adat. Hutan berperan dalam menjaga siklus air, mencegah erosi tanah dan tanah longsor yang mengancam keselamatan. Hutan juga menjaga keseimbangan iklim dengan menyaring polusi, menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen kembali ke atmosfer.

Kehidupan di bumi tidak dapat berjalan tanpa hutan. Namun kenyataanya, hutan semakin cepat menghilang pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Di Asia Tenggara, hutan Indonesia adalah sebagian yang tersisa dari hutan terakhir di muka bumi. Indonesia saat ini berada pada peringkat ketiga di dunia sebagai penghasil emisi gas rumah kaca akibat kerusakan hutan dan lahan gambut yang mengandung karbon tinggi. Sadarkah Anda bahwa semua itu adalah asal mula dari barang-barang yang kita konsumsi - majalah dan buku yang kita baca, kertas toilet yang kita gunakan, juga produk-produk berbasis minyak sawit seperti pasta gigi dan coklat -yang sebenarnya bahan pokoknya bisa didapatkan dengan cara-cara yang lebih aman bagi hutan?

Perlindungan hutan telah sejak lama menjadi prioritas kampanye Greenpeace di seluruh dunia. Di Indonesia kita telah berhasil melobi pemerintah untuk memberlakukan moratorium (penghentian sementara) terhadap izin pembukaan hutan dan lahan gambut di Indonesia selama 2 tahun. Tetapi ini semua tidak cukup dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Masih ada puluhan juta hektar hutan yang terancam keselamatannya dan tidak diatur dalam kesepakatan ini.

Hutan hujan bukan hanya sumber daya alam nasional, namun juga harta dunia yang harus dijaga. Perusakan hutan harus dihentikan sekarang juga.

Dengan dukungan Anda, kami akan memastikan anak cucu kita masih dapat melihat dan merasakan manfaat hutan dalam kehidupan. Tunggu informasi terbaru kami mengenai hutan Indonesia dalam waktu dekat. Terima kasih atas dukungan Anda pada bumi.

Salam hangat,



Zulfahmi
Juru Kampanye Hutan
Greenpeace Asia Tenggara

-------

Green Tips:

Bantu menyelamatkan hutan dengan pemakaian kertas secara bijak dan efisien. Ingatlah terus mantra ini: reduce, reuse, recycle; atau kurangi penggunaan yang berlebihan, gunakan kembali, daur ulang.
Dapatkan tips yang aman bagi lingkungan di sini.


``deV``


No comments:

© deVylla | Blogger Template by Enny Law