Relawan Pengajar di Kelas Inspirasi Sidoarjo

Sudah tahu tentang Kelas Inspirasi kan? Apa itu Kelas Inspirasi dan bagaimana cara bergabung, silakan kunjungi previous post saya di sini.


Saat briefing, kami dipertontonkan video-video Kelas Inspirasi periode sebelumnya. Aaaahhh perasaan nasionalisme macam apa sy ini, nangis mlulu liat video-video yang menyentuh hati itu :'( Apalagi dengan backsound lagu Laskar Pelangi yang mengajak anak-anak untuk terus bermimpi, belum lagi lagu untuk Guru yang anakku pun hapal lagu itu, dan mata ini makin meleleh saat backsound Selamanya Indonesia by Twentyfirst Night, namun hati bersemangat menyala. 
Liat video PK LPDP dengan backsound sama pun sy jg melting. Di video KI itu juga ada keadaan sekolah yang sangat memprihatinkan, duh duh....makin gak kuat lihatnya, makin semangat untuk berbagi, sampai punya niat ingin jadi relawan Indonesia Mengajar kalau anak2 sudah SMA dan diijinkan suami! Eh sudahlah kenapa jadi cerita itu. Fokus...fokus...!


Saat briefing, banyak sharing ilmu dari para relawan pendahulu, berguna sekali menurut sy briefing ini. Berbagai macam ice-breaking dan games juga dikenalkan di acara tsb. Rencana awal, sy kebagian 2 kelas, yaitu kelas 3 dan kelas 4. Kali ini saya akan berbagi tentang manajemen pergudangan. Saat melamar, sebenarnya saya lebih nyaman sebagai guru bahasa Inggris (walopun sudah lama vakum), tapi karna disarankan bahwa guru sebaiknya tidak melamar (mungkin karna keseharian anak-anak SD juga sudah sangat mengenal ttg sosok guru), jadilah sy melamar sbg posisi pekerjaan sy di gudang instansi pendidikan milik pemerintah. 

 
Saat menceritakan tentang alur barang sampai di gudang
































































Dijelaskan saat briefing bahwa profesi yang eye-catching atau yang sudah memiliki "universal uniform" akan lebih dikenal. Itu betul, jadi kalo dokter ya pakai baju dokter, polisi & tentara, pemadam kebakaran, dll. disarankan memakai seragam masing2. Karna sy gak ada seragamnya, ya jadi pakai baju bebas saja :D






Acara pertama adalah upacara, lalu briefing kru Rombel 3 Kelas Inspirasi Sidoarjo. Dengan sangat terpaksa sy tidak bisa hadir dalam upacara karna mendadak keluarga sy terkena musibah. Bapak mertua meninggal di rumahnya, Kediri, hari Sabtu (Innalillahi wainna ilaihi rojiun...semoga meninggal dlm keadaan khusnul khotimah, sgala dosa diampuni dan amal baik diterima Allah. Aamiin).
Sy pun nyaris tidak bisa hadir menjadi relawan pengajar, dan sy baru kabarkan kpd panitia H-2 malam hari (Sabtu malam), akhirnya jadwal dirombak.
Ternyata, di detik2 terakhir...H-8jam, Minggu malam sy menyatakan bisa bergabung karna sy sedang arah perjalanan ke Surabaya, dengan konsekuensi sy tidak bisa hadir pagi untuk ikut upacara dan mengajar sesi 1 karna sy baru bisa meninggalkan Surabaya pukul 6.30 (jarak Surabaya-Simoanginangin skitar 60menit) setelah mengantar Karaissa sekolah, suami masih berada di Kediri. 



Akhirnya sy kebagian sesi 2 (kelas 4) dan sesi 3 (Kelas 3A). Sy sudah siapkan pin untuk dibagikan kepada adik-adik SD nanti, pin itu nanti ditulisi cita-cita masing-masing anak. Pin tsb sebagai pengganti pohon mimpi yang biasanya dipasang di kelas. 
Huaaa....butuh tenaga ekstra dan kesabaran seluas samudra ya menghadapi adik-adik SD ini :D Ada yang gak bisa diam, ada yang bertengkar, ada yg smackdown dg temannya, ada yg usil gangguin anak2 cewek, dan selusin tingkah lainnya.
 
Sy dibantu Mbak Syifa, Relawan Fasilitator, untuk menuliskan cita2 di pin utk anak-anak
Untuk kelas pertama, sy puas sekali, anak-anak lebih mudah untuk diajak kerja sama. Bermain games, maupun role play, dan menjawab kuis dengan tertib. Drama dimulai saat sesi 3, kelas 3! Sesi 3 merupakan sesi terakhir sebelum pulang. Sebelumnya, ada istirahat sekitar 15menit bagi siswa2 tsb. Begitu sy memasuki ruang kelas 3, kompak deh smua anak teriak "game...game...game...game...game...!!!!!" sambil keprok2 meja. Alamaak, tepok jidat deh!
Langsung ngeblank jadinya. Ini pasti karna di sesi 1 dan 2 mereka sdh merasakan enaknya dan serunya bermain games dg para relawan pengajar sebelumnya.
Salah satu note jg nih. Sesi terakhir harus ekstra tenaga, dan ekstra sabar lagi. Jadi yang enak banget adalah sesi pertama, hahahha....di brainwash lah ya kira2 klo sesi pertama. Anak-anak masih fresh menerima materi. Nah klo sudah sesi 3, pasti saat istirahat sdh saling tukar informasi dg teman2 lainnya.




But, show must go on! Mulai dengan ice breaking, lalu masuk ke materi. 
Sejak awal jawaban anak-anak SD ini memang polos lho.
"Apa itu gudang?" tanyaku.
"Tempat nyimpen barang-barang lama yang gak kepake" (ini pasti mereka bayangin gudang rmh ortu mereka)
"Tempat nyimpen barang-barang antik" (itu mah museum keules! :D )
"Tempat nyimpen barang-barang baru" (nah ini mendekati bener :D )
 
Blur kan ya? Yup, bukan salah dokumentatornya, ini sy yg moto pake hp dan objek yg difoto gak bisa diem!
Setelah materi ttg manajemen pergudangan, sy ajak mereka praktek ttg alur pengambilan barang dg menggunakan Formulir raksasa warna-warni. Knpa raksasa? Ya biar eye-catching aja ;)

Para Relawan pengajar, dan salah 1 fotografer

Para relawan dokumentator, dan fasilitator
Setelah itu baru games2. Duuh pada ganas2 yah anak-anak sesi terakhir ini, ngerebut merchandise dan sisa pin yang masih ada. Yah sudahlah.
Saat closing sy menekankan pada mereka bahwa don't be afraid to DREAM BIG!
Jadilah pribadi berjiwa mandiri, jujur, dan pantang menyerah!
Semua itu sy sampaikan dengan gambar, yg bisa dijadikan photo props saat foto. Di sesi terakhir inilah mereka minta smua materi saya,hahahaha.....ada2 aja anak2 ini. OK deh sy kasih, dan yg paling aneh adalah: mereka minta tanda tangan di pin yg tertulis cita2nya itu.  -_-' Berasa artis!


You know What! Anak cantik ini jadi trending topik di Rombel 3, Nadia namanya, cita2nya jd Angkatan Darat. Nice shot, bro fotografer! ;)
Setelah pelaksanaan Kelas Inspirasi di 3 SD yg tersebar di kecamatan Wonoayu, Kab. Sidoarjo, kami melakukan refleksi atau evaluasi. Semua Rombel berkumpul kembali di acara ini, di sebuah warung lesehan tak jauh dari SD Simoangin-angin.
Sedikit catatan sy tentang pelaksanaan Kelas Inspirasi Sidoarjo:
1. Sebaiknya semua relawan berkomitmen sesuai dengan formulir yg disubmit saat melamar bahwa BERSEDIA hadir dalam briefing, BERSEDIA CUTI pada Hari Inspirasi, dan BERSEDIA hadir dalam refleksi. Tapi kenyataannya banyak yang tidak bisa memenuhi hal tsb. Mungkin karna merasa bahwa yang paling penting adalah HARI-H: Hari Inspirasi.
2. Kenapa hadir dalam 3 sesi tersebut penting? untuk membangun chemistry dan lebih meluruskan kembali apa visi dan misi Kelas Inspirasi. Bukan sekedar membagi hadiah pada anak2 SD atau sekedar memiliki 'plakat' "pernah menjejakkan kaki di Kelas Inspirasi".
Terlepas berbagai macam kesibukan, kepentingan dan urusan lain yg mendadak, I'm not in their shoes, furthermore I really don't know what the actual situation does happen, so sorry for my opinion. :) *salim satu-satu
Dan mungkin highlightnya adalah karna ada yg berpikir bahwa kegiatan ini volunteering, sukarela, jadi mungkin memang sesukarelanya meluangkan waktu.  Bahkan kejadian lho kami baru bertemu dg fasilitator saat hari-H! yg saat briefing saja belum bertemu, hehehe. Tapi kalo Rombel 3 chemistrynya terbangun kok ya, wong baru berpisah beberapa hari aja sdh merencanakan meet up! ;)


Overall, sy senang bisa berbagi materi tentang profesi, dan berbagi motivasi pada anak-anak SD. Niat awal untuk menginspirasi, malah saya yg terinspirasi oleh kepolosan mereka, kejujuran akan tingkah kekanak-kanakan, dan semangat membara dalam mencapai cita-cita. 
  
Terbanglah tinggi wahai pesawat cita-cita!


^^^^ Mereka perlu dipeluk erat untuk dikuatkan hatinya;
Mereka perlu digandeng untuk ditangguhkan tangannya;
Mereka perlu dirangkul untuk dikukuhkan semangatnya; 
Mereka perlu dipupuk untuk disuburkan jiwanya, 
 yang bermimpi untuk menggapai berbagai kuntum cita-cita yang akan mekar jika mereka terus bersekolah. ^^^^



Terima kasih Kelas Inspirasi, Terima kasih SDN Simoangin-angin Wonoayu-Sidoarjo, Terima Kasih smua kru Kelas Inspirasi Sidoarjo 3.
Sehari berbagi, selamanya menginspirasi.
Salam Inspirasi!


``deV``   

No comments:

© deVylla | Blogger Template by Enny Law